Jumat, 20 Agustus 2010

PROFIL

PROFIL KAMPUNG SINGIKASA-WIWIPEMO-WOLOPAU

Bou Mondo Tebo Lo, Wora Sewiwi Nunu Selema, Boka Ki Bere Ae

Wolopau sebenarnya bagian dari desa Wiwipemo, Kecamatan Wolojita ( Lio Selatan ) Kabupaten Ende-Flores-Nusa Tenggara Timur-Indonesia. Namun untuk masyarakat umum, yang diluar desa wiwipemo " kurang mengetahui kampung ini " lebih mengenal dengan sebutan orang-orang Wolopau. Wolopau sering disebut juga dengan istilah Dai singi, Enga Rai = Penjaga pintu masuk/keluar desa.

Desa Wiwipemo memiliki anak kampung dengan struktur adatnya terdiri dari 7 ( tujuh ) mosalaki / Tua adat :

1. Wologeru
2. Nuanara
3. Singikasa
4. Wiwipemo
5. Puu Au
6. Watu Wawi
7. Wolopau

Untuk Mosalaki Puu ( Mosalaki ata ine ) yaitu : Wologeru, Nuanara, Singikasa. Sedangkan Wiwipemo ( mempunyai hak Koe Kolu ), Puu Au ( Hak watujari, tana biri ), Watu wawi, dan wolopau ( mosalaki wolo papa ghale ) adalah mosalaki-mosalaki ata ana.

Tiap-tiap mosalaki memiliki mosalaki Tuke du = Mosalaki pembantu ( Kaka Longgo ) dan kampung ini memiliki satu mosalaki yang dikenal dengan sebutan Ataria yang berada di rumah adat Wologeru.

Masyarakat desa ini mata pencahariannya sebagian besar bertani. Penduduk laki-lakinya sebagian besar pergi merantau untuk mengais nafkah di tanah orang. Dinginnya udara membuat kampung ini kalo pada malam hari terlihat sepi.
Ini sekilas profil nuaku-wolopau-wiwipwmo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar